Tips Terbaik Memilih Masker yang Filternya Bagus

Di masa pandemi penggunaan masker menjadi hal yang penting dilakukan untuk dibiasakan. Apa lagi jika aktivitas di luar rumah lebih banyak. Anda perlu menggunakan masker yang kualitasnya terpenuhi untuk mencegah penularan melalui udara. Berikut ini tips terbaik memilih masker dengan filter yang bagus agar kesehatan tetap terjaga selama pandemi.

1.      Pilih Bahan Masker

Anda bisa mendapatkan masker yang memiliki filter terbaik dengan memilih masker bahan kain. Di mana masker ini bisa digunakan oleh siapa saja dan mudah didapatkan. Masker kain ampuh untuk membuat Anda aman dari percikan air liur, batuk, dan bersin.

Anda akan aman dari penyebaran virus corona selama beraktivitas di luar rumah. Hanya saja pemakaian masker kain tidak disarankan dua kali. Jadi, setelah pemakaian pertama sebaiknya langsung dicuci saja agar kebersihannya lebih terjaga. Saat memilih menggunakan masker kain jangan memilih hanya sekadar melihat modelnya yang bagus.

Anda harus memastikan bahan dari masker kain tersebut memang terlindungi dan terdiri lebih dari satu lapisan. Bahan terbaik untuk masker kain sebaiknya bahan anti air yang akan mencegah air liur keluar atau bahan kain yang tidak keluar angin saat Anda hembuskan napas. Cara mengetahuinya dengan melihat lilin yang ditiup saat menggunakan masker mati atau tidak.

2.      Ukuran yang Pas di Wajah

Tips memilih masker yang akan digunakan dengan memilih ukuran pas di wajah agar tidak ada celah udara masuk saat digunakan. Jika Anda menggunakan masker yang kebesaran maka tidak efektif digunakan untuk penyebaran virus. Berbeda lagi jika ukurannya terlalu kecil maka akan membuat Anda tidak nyaman saat menggunakannya.

3.      Pilih Jenis Masker

Tips memilih masker yang aman untuk mencegah dari penyebaran virus dengan memilih menggunakan jenis masker bedah. Masker ini memiliki tiga lapisan yaitu anti air, anti kuman, dan lapisan dalam yang menyerap air liur yang keluar dari mulut.  Masker ini disarankan untuk Anda yang mulai mengalami batuk atau bersin.

Bisa juga memilih masker sensi duckbill yang moncongnya maju dengan tiga lapis perlindungan, sehingga membuat Anda aman. Hanya saja pemakaian masker ini hanya boleh satu kali pakai dan harus langsung dibuang.

4.      Kualitas Masker

Jenis masker lainnya yang dapat menjadi pilihan adalah masker dengan kualitas terbaik yaitu masker N95. Kualitasnya bahkan lebih baik dibandingkan masker bedah karena bisa melindungi sampai ukuran partikel terkecil di udara.

Masker ini juga ketat di wajah saat digunakan dan desainnya dibuat bisa menutupi sampai ke bagian hidung dan mulut dengan nyaman. Hanya saja pemakaian masker tidak disarankan seharian karena bisa membuat Anda kesulitan bernapas.

5.      Kemampuan Respirator

Masker yang bagus dan aman untuk digunakan dengan memilih masker dengan kemampuan respirator terbaik. Ada lapisan luar sebagai penyaring partikel besar seperti debu, Ada lapisan dalam yang akan mempertahan kualitas udara menjadi lebih baik, Lapisan berikutnya terdapat media filter elektrostatik. Kemampuan respirator kualitasnya sampai 90 persen.

6.      Pengikat atau Karet yang Kuat

Pilihlah masker yang bagian pengikat atau karetnya kuat, sehingga tidak mudah terlepas atau pun melar. Masker dengan tali pengikat ini biasanya pada masker kain, Anda disarankan memilih masker yang mudah digunakan atau tali pengikatnya tidak kepanjangan.

Anda bisa menerapkan tips ini untuk mendapatkan masker dengan filter yang bagus. Jadi, bisa digunakan dengan aman selama masa pandemi. Saat pembelian masker sebaiknya bisa dicoba dulu agar Anda tahu kenyamanan penggunaannya. Anda bisa melakukan pembelian di blibli.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *