Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Kaki merupakan bagian bawah dari badan manusia yang digunakan untuk melangkah atau berjalan. Kaki maupun pergelangan kaki memiliki struktur padat dan kompleks terdiri atas tendon, otot dan ligamen sehingga akan memberikan sokongan yang kuat dan memberikan mobilitas. Kaki memiliki 3 tulang dan 28 tulang dan lebih dari 30 sendi untuk memberikan gerakan yang luas. Salah satu masalah kaki adalah bau. Bau kaki biasanya membuat seseorang menjadi tidak percaya diri sehingga diperlukan cara menghilangkan bau kaki                                           

Kebiasaan yang menyebabkan bau kaki adalah tidak menggunakan kaos kaki ketika memakai sepatu, hal ini biasanya dianggap tren namun membuat kaki lebih panas dan membuat produksi keringat meningkat. Adanya kaos kaki membuat kaki bernapas dan membantu keringat tidak menempel pada kulit kaki dan menyebabkan bakteri berkembang lalu membuat kaki menjadi bau. Oleh karena itu, pilih kaos kaki dengan bahan katun, jika tidak menggunakan kaos kaki maka akan menimbulkan infeksi serta jamur tumbuh pada lingkungan gelap dan lembab serta perlu menyemprotkan antibakteri atau bedak tabur setelah mengenakan sepatu. Bau kaki dapat disebabkan oleh penggunaan sepatu yang sama setiap hari, hal ini menampung keringat dari kaki hingga mengembangbiakkan bakteri dan lebih baik memiliki sepatu lainnya untuk digunakan secara bergantian. Sebaiknya tidak memasukkan kaos kaki dalam sepatu sehingga setelah digunakan sepatu dapat bernapas dan mengurangi kelembabannya didalamnya. Makanan dengan kandungan sulfur tinggi, makanan manis, dan tinggi protein dikurangi untuk tidak membuat kaki menjadi bau.

Berikut adalah cara merawat kaki diantaranya:

  • Jaga kaki tetap bersih dengan merendamnya dalam air sabun kemudian menggosoknya dengan spons sehingga akan menenangkan saraf.
  • Biarkan kaki tetap kering dan ketika keluar dari kamar mandi sebaiknya menggosok kaki sehingga jamur tidak akan menempel pada kaki.
  • Gunakan kaus kaki yang terbuat dari wol dan katun dan pastikan memiliki kenyamanan pada kaki.
  • Pilih sepatu yang tepat dan jika merasa kaki bau sebaiknya semprotkan deodorant sebelum memakai sepatu dan simpan sepatu pada tempat kering dan dibawah sinar matahari sehingga akan menghalangi tumbuhnya bakteri.
  • Gunakan batu apung yang akan melepaskan sel kulit mati, sebaiknya merendam kaki dengan air garam dan menggosok area jari kaki dan tumit.

Selain itu, rajin memotong kuku karena semakin kuku panjang maka semakin banyak kotoran yang tersimpan pada sudut jari dan terasa sakit. Lakukan pijatan ringan pada kuku dan kulit kaki lalu merendamnya dalam air hangat selama lima menit lalu keringkan dan gosok kulit air menggunakan cotton buds sehingga akan membuatnya terasa lembut kembali. Lembabkan kaki dengan air mawar dan madu yang dioleskan selama 10 menit untuk kaki yang berkilau.

Berikut adalah cara menjauhkan bau kaki diantaranya:

  • Merendamnya dengan air garam sehingga akan memberikan relaksasi dan meredakan eksim.
  • Merendamnya dengan air lemon yang memiliki sifat antibakteri dan mengatasi keringat berlebih.
  • Merendamnya dengan air baking soda dapat juga ditambahi dengan perasan lemon untuk lebih segar.

Cara menghilangkan bau kaki adalah merendam kaki dengan air cuka menggunakan 2:1 selama 15 menit. Dapat juga menggunakan teh hitam menggunakan dua gelas selama 15 menit dan pastikan merendam kedua kaki sehingga membunuh bakteri. Obat kumur dapat digunakan dengan mencampurkannya pada air selama 15 menit kemudian dibilas lalu dikeringkan. Beberapa cara ini akan memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *