5 Tips agar Termometer Bayi Anda Semakin Akurat

Terkadang ada sebagian dari Anda akan berpikir. Apakah termometer bayi yang telah dibeli benar-benar bekerja. Apakah angka yang dihasilkan benar-benar akurat. Inilah beberapa tips dan informasi agar Anda yakin dengan termometer yang Anda gunakan.

1.  Tempatkan Termometer pada Bagian Tubuh

Sebelum Anda membeli termometer bayi, Anda harus pastikan dengan benar pada kemasannya. Apakah termometer itu digunakan untuk mulut, ketiak, atau bagian anggota tubuh lainnya. Biasanya, perusahaan yang membuat termometer pasti akan menyertakan informasi dengan lengkap. Mulai dari cara penggunaan hingga cara penyimpanannya.

Terkadang, ada juga perusahaan yang membuat termometer dengan kelebihan lainnya. Misalnya teknologi yang digunakan atau penggabungan dari beberapa fungsi menjadi satu. Apabila Anda telah membelinya dan ingin memakainya, pastikan Anda telah membaca instruksinya dengan benar. Jika Anda membeli termometer yang digunakan untuk telinga, maka tempatkan dengan benar arah tujuannya.

Termometer telinga bisa Anda pakai saat telinga tidak ada kotoran. Jika masih banyak kotoran yang menghalangi membran timpani, maka angka yang dihasilkan sia-sia. Angka yang dihasilkan pun semakin tidak akurat. Sehingga Anda akan mendapatkan informasi yang tak pasti juga. Begitu pula dengan termometer lainnya. Hal-hal seperti inilah yang harus diperhatikan.

2.  Jangan Terburu-Buru

Biasakan jangan terburu-buru mengangkat termometer dari tubuh saat pengambilan suhu. Ini juga yang menyebabkan angka tidak akurat. Ada beberapa jenis termometer yang sebenarnya membutuhkan beberapa waktu lama untuk menghasilkan angka. Biasanya ada yang membutuhkan waktu selama 3 menit. Ada juga termometer yang sudah bisa memberikan pemberitahuan sendiri seperti bunyi ‘bip’.

Rata-rata termometer digital sudah menggunakan pemberitahuan seperti ini. Tapi, kalau Anda masih menggunakan dan menyimpan di rumah termometer air raksa, Anda harus tahu waktu yang dibutuhkan. Sehingga dari rasa sabar ini, angka yang dinanti pun bisa menjadi angka yang akurat.

3.  Cek Baterai

Ada beberapa jenis termometer yang menggunakan baterai sebagai dayanya. Anda harus memastikan jenis bateri yang dipakainya sebelum membeli. Apakah tipe baterai AA atau AAA. Hal ini berpengaruh pada masa pakai dari nilai produk ini. Tanyakan juga kepada penjual bagaimana cara mendapatkan baterainya apabila habis.

Kalau kapasitas dan daya baterai lemah, maka angka pun semakin tidak jelas keakuratannya. Sehingga Anda menjadi ragu terhadapnya. Tanda inilah yang memperingatkan Anda untuk cek masa pemakaian baterai. Kalau sudah mati, bisa Anda gantikan dengan yang baru.

4.  Ikuti Petunjuk

Seperti yang dijelaskan sebelumnya hal-hal yang bersangkutan dengan petunjuk harus Anda ikuti. Terutama hal-hal kecil yang membuat termometer Anda bisa rusak dan menghasilkan angka yang tidak valid dan akurat. Misalnya Anda mengambil suhu dengan termometer mulut, tapi mulut berada pada kondisi terbuka. Tentu, angka pasti tidak bisa digunakan sebagai patokan.

5.  Perhatikan Waktu

Angka yang ditunjukkan pada termometer Anda bisa jadi tidak akurat bila pengambilan suhu tubuh secara oral dalam waktu 20 menit setelah merokok. Selain itu, angka tidak akurat apabila Anda telah meminum cairan yang panas atau dingin. Karena hal ini bisa menyebabkan pengaruh pada pengambilan suhu tubuh. Tentu hal yang sama berlaku bagi Anda yang berolahraga selama sejam. Meskipun sepele, waktu seperti ini juga menyebabkan angka termometer tidak bisa akurat dan valid.

Sekian beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dan pikirkan lagi saat hendak menggunakan termometer bayi. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil maksimal, Anda harus peduli dengan hal detail dari termometer itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *